SHURUL KHAN CIKAL BAKAL THIFAN PO KHAN

Pada awalnya ada sejenis cara pembelaan diri purba berbentuk gumulan, sepak tinju dan permainan senjata yang disebut Kagrul bercampur Kumfu Cina Purba.

BAGAN ASAL USUL THIFAN PO KHAN







Kemudian muncul aliran Shourim yang terus berkembang ke arah utara Cina dan memasuki 
daerah orang Lama (Tibet) dan orang Wigu/Uyghur (Turkistan). Di sana aliran Shourim ini pun pecah menjadi berpuluh-puluh cabang. Setiap cabang pun berkembang dan terpengaruh alam tempat pertumbuhan aliran tersebut.

Tersebutlah seorang bangsawan bernama Je’nan dari Suku Tayli yang pandai dalam ilmu syara dan terkenal sebagai ahund (ustad atau guru) muda. Je’nan menghimpun ilmu-ilmu beladiri itu dan ia pun berguru pada pendekar Namsuit serta orang-orang Wigu. Bersama para pendekar Muslim lain yang memiliki keahlian ilmu Gulat Mogul, Tatar, Saldsyuk, Silat Kitan Tayli, mereka pun membentuk sebuah aliran bernama Shurul Khan. Adapun arti dari Shurulkhan adalah Siasat Raja-Raja. Dari Shurul Khan inilah terbentuk sembilan aliran seperti yang tersebut pada bagan.

Aliran-aliran ini kemudian digubah, ditambah, ditempa, dialurkan lalu dipilah, diteliti dan dikaji dari segi kesehatan serta dibersihkan dari segala macam bentuk syirik dan khurafat.  Hasilnya menjadi cikal bakal munculnya Thifan.

Sumber:
http://beladirithifan.blogspot.com/search/label/MENGENAL%20PERGURUAN%20THIFAN%20PO%20KHAN

0 komentar:

Posting Komentar